Tuesday, March 5, 2019

Inilah Tips Dan Cara Membuka Usaha Depot Jamu Agar Menarik Pelanggan

  Deka pradifta       Tuesday, March 5, 2019
Cara membuka depot jamu - tahukah anda bahwa saat ini jamu merupakan salah satu obat tradisional nenek moyang andalkan, bahkan sampai sekarang sering digunakan untuk kesehatan serta kebugaran jasmani, nah bagi anda yang mau memulai bisnis atau ingin tahu tentang cara membuka depot jamu, mak artikel ini adalah jawaban yang sangat tepat sekali untuk disajikan kepada pembaca.

Ada banyak orang yang menyukai jamu ini, entah itu kalangan anak muda, ibu rumah tangga, anak-anak, hingga bapak-bapak sering menggunakan jamu sebagai upaya untuk menyebuhkan dari berbagai macam penyakit. Ini bisa anda manfaatkan sebagai cara membuka usaha depot jamu depan rumah atau langsung di warung sekitar.
Inilah Tips Dan Cara Membuka Usaha Depot Jamu Agar Menarik Pelanggan
Perlu diketahui juga bahwa masyarakat kita negara Indonesia ini ternyata sangat menyukai yang namanya minuman jamu, mengapa demikian ? Karena jamu memiliki banyak khasiat yang cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun ada juga efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan.

Apabila saat ini anda sedang serius ingin menggeluti bisnis membuka usaha depot jamu, maka alangkah lebih baiknya ketahui terlebih dahulu tentang seluk beluk bisnis tersebut supaya dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan disini agar persiapan dalam membuka usaha bisa disiapkan secara matang, contohnya analisa modal, mengetahui proses pembuatan jamu, peralatan, perlengkapan usaha, dan modal yang dikeluarkan.

Sebenarnya bisnis ini tidak mempunyai saingan yang banyak, jadi bisa dikatakan lemah persaingan, sehingga potensi untuk mendapatkan pelanggan akan lebih mudah, mengingat sekarang ini masyakarat indonesia sudah termasuk kalangan pecinta minuman tradisional jamu.

Peluang Usaha Depot Jamu


Sudah saya katakan sebelumnya bahwa penikmat jamu ini bisa masuk kategori masyarakat kelas bawah dan kelas atas, bahkan presiden negara kita Joko Widodo saja sangat menyukai dengan minuman tradisional yang satu ini. Walaupun itu jamu memiliki khasiat dan berbagai macam jenis disertai rasa yang berbeda, ada yang manis dan ada juga yang pahit, akan tetapi tetap menyegarkan serta menyehatkan tubuh.

Baca juga Analisa Lengkap Modal Usaha Jualan Mie Ayam Bakso Rumahan Ibu Rumah Tangga

Nah dibawah ini adalah beberapa tips dalam membuka bisnis minuman jamu tradisional yang bisa anda simak baik-baik, silakan lanjutkan membaca.

Tips usaha depot jamu


1. Produk harus berkualitas


Tips pertama yang harus anda ketahui adalah produk yang disajikan kepada konsumen harus berkualitas. Dari segi apa ? Bisa jadi pengolahannya yang bersih, tidak asal-asalan atau bisa disebut abal-abal, perlu di ingat juga bahwa produk yang dijual disini akan di nikmati oleh pelanggan.
Inilah Tips Dan Cara Membuka Usaha Depot Jamu Agar Menarik Pelanggan
Bila produk tidak berkualitas, tentu saja orang lain akan berpaling dari usaha anda, jadi sebisa mungkin tingkatkan value produk anda.

Paham ?..

2. Punya banyak varian produk


Tidak hanya berkualitas atau value saja yang anda tonjolkan kepada pelanggan, namun ada beberapa hal yang mempengaruhi laris atau tidaknya usaha yang dibuka tersebut, faktor kedua yang perlu ditonjolkan adalah variasi produk yang disajikan kepada konsumen.

Usahakan ada banyak jenis, jadi tidak hanya satu saja, nah disini kita sudah tahu bahwa penikmat minuman jamu tidak hanya kalangan dewasa juga akan tetapi anak-anak juga sangat menyukainya, terutama ibu-ibu.

3. Pelayanan terbaik


Jangan sampai saat anda menjalankan bisnis memberikan pelayanan buruk, ternyata ini sangat berpengaruh besar sekali terhadap reputasj usaha untuk kedepannya, bisa saja pelanggan kabur atau dalam artian tidak ingin membeli lagi.

Alangkah lebih baiknya sajikan pelayanan yang ramah, contoh sederhananya ucapkan kata "Terima kasih" serta ekspresi wajah ramah ketika pelanggan sudah membeli minuman jamu anda. Ini juga ada value tersendiri untuk reputasi bisnis supaya lebih cepat berkembang.

4. Tempat bisnis nyaman dan tidak kotor


Sudut pandang menjalankan usaha jamu adalah berkaitan erat dengan kesehatan, jadi bila tempat usaha anda tersebut terlihat kotor atau menjijikan, tentu orang lain tidak akan tertarik atau malas mampir kembali ke depot anda.

Bersihkan setiap tempat agar terlihat bersih, tidak hanya itu, berikan juga pencahayaan yang terang ketika malam hari, jangan terlalu remang-remang.

Kekurangan Bisnis


Dalam membuka usaha pasti ada saja kekurangan serta kelebihannya, nah untuk kekurangan ini sering dikaitkan dengan suatu kendala ketika menjalankannya, salah satu kendala yang sering terjadi biasanya adalah ada pedagang nakal yang mencampuri minuman tersebut dengan olahan yang tidak sehat seperti 0bat berbahaya.

Baca juga 7 Inspirasi Jenis Usaha Yang Cocok Ada Di Lingkungan Dekat Sekolah

Nah pedagang yang tidak jujur tersebut biasanya dapat berimbas kena ke pengusaha jamu sehingga pelanggan merasa was-was atau bisa dibilang enggan membeli lagi ke tempat jualan anda, untuk solusi mengatasinya ialah yakinkan kepada konsumen bahwa keaslian produk anda dapat memberikan zat serta gizi yang baik untuk kesehatan.

Bukan cuma itu saja, namun masih ada kekurangan lainnya, kendala kedua kali ini ialah kurangya stok rempah-rempah yang sering dialami oleh pengusaha atau penjual dagangan jamu tradisional, ini sering dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang tidak stabil sehingga rempah-rempah akan semakin menipis.

Solusi terbaik yang bisa dicoba maka anda bisa menjalin hubungan baik dengan petani rempah-rempah tersebut secara langsung agar bahan baku yang dapat tersedia dalam waktu yang sudah ditentukan atau terkadang dibutuhkan. Disini juga pastinya ada tawaran harga khusus yabg lebih murah bila ada kerja sama dengan petani rempah.

Kunci sukses


Untuk kunci kesuksesan menjalankan bisnis ini agar berjalan lebih baik adalah strategi pemasaran dan pemilihan tempat usaha yang tepat, alangkah baiknya bila buka di warung maka lokasi yang tepat biasanya berada di pemukiman penduduk yang ramai, jadi lakukan survei terlebih dahulu.

Pemasaran juga penting, anda bisa mengikuti sebuah event tertentu, menitipkan produk ke beberapa tempat seperti toko sembako, berjualan keliling, menjajakan produk ke pasar langsung, hingga membuka gerai kecil di pinggir jalan.

Baca juga Analisa Lengkap Cara Usaha Kredit Barang Biar Sukses

Menurut saya ini terbilang efektif sekali agar bisa menarik jumlah pelanggan lebih banyak...

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah saya tulis ini tentang tips membuka usaha depot jamu, semoga artikel tersebut dapat memberikan wawasan yang luas kepada pembaca, bila ada yang bingung silakan ajukan kolom komentar dibawah ini. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading Inilah Tips Dan Cara Membuka Usaha Depot Jamu Agar Menarik Pelanggan

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.